Wednesday, January 14, 2015

Exclusive Review : Mackie DL32R "Digital Mixer Dengan Kontrol Melalui iPad"

oleh : Paul White 
Chief Editor SOUND ON SOUND Magazine
(bagian 1)


Kebanyakan mixer live yang menawarkan control secara wireless masih memiliki surface control fisik. Dengan DL32R terbaru, Mackie melanjutkan konsep DL1608 yang dikontrol secara wireless melalui iPad. Bisa dikatakan bahwa DL32R sangat friendly, memiliki EQ dan dynamics yang ekselen dan menghemat kabel dan waktu untuk setup. “Saya akui bahwa saya sempat nervous saat pertama kali menggunakan DL1608, saya tidak tahu seberapa bagus sistem nirkabelnya, tapi setelah memakainya selama beberapa tahun saya berani memastikan bahwa saya tidak pernah mengalami masalah. Jika Anda keluar dari area jangkauan Wi-Fi, mixer masih tetap berfungsi sesuai dengan setup terakhir sampai dengan Anda kembali masuk ke jangkauan Wi-Fi tanpa ada gangguan pada audio-nya”.

Mackie DL32R
DL32R adalah mixer live 32 channel  yang merupakan evolusi dari seri DL1608 tapi dengan format rackmount, penambahan jumlah I/O dan beberapa fasilitas diantaranya kemungkinan  pengaplikasian Dante (masih dalam tahap review), opsi untuk menyimpan dan membagi settingan melalui dropbox, kemampuan untuk melakukan playback dan multi-track recording dan kontrol semua parameter fitur mixer secara wireless termasuk preamp gain. Saat Dante diaplikasikan, DL32R mampu beroperasi secara penuh 32x32. Saat ini, routing 32x32 hanya bisa dilakukan melalui USB atau hard drive.

Meskipun pada saat menulis artike ini dilakukan beberapa minggu sebelum perilisan DL32R, kami merasa cukup beruntung bisa memegang unitnya untuk pertama kali dengan Master Fader versi beta paling terakhir. Pada saat saya mereview DL1608, saya berharap ada pengembangan pada app-nya agar memudahkan navigasi, dan tampaknya itu semua telah dilakukan oleh Mackie. Sejak Master Fader app versi 3 diluncurkan menjelang akhir tahun 2014, pengguna lama DL1608 juga dapat merasakan banyak manfaat dari pengembangan ini.


Rack To The Future

Dihadirkan dalam dimensi rak 3U dengan model power supply yang universal, DL32R sangat ideal ditempatkan di sisi manapun diatas panggung yang mana juga bisa berfungsi sebagai stage box. Sepasang pegangan terbuat dari baja yang memudahkan untuk dibawa sekaligus sebagai pelindung panel connector. DL32R dapat dihubungkan dengan router wireless apapun melalui ethernet kabel dan router akan tersambung ke iPad untuk menjalankan aplikasi Master Fader. Faktanya, Anda dapat mengunduh secara gratis dan mencoba menjalankan Master Fader app sebelum Anda memutuskan untuk membeli mixer-nya. Apple Airport Express adalah pilihan router yang aman dan mudah untuk di setup.
           
Keseluruhan body DL32R terbuat dari baja dan didalamnya terdapat 2 kipas pendingin low-noise. Seluruh konektor audio terdapat di panel depan, semuanya XLR kecuali 8 chanel input terakhir kombinasi XLR dan Jack, 1 soket headphone dan dua monitor out yang semuanya jack ¼ inch. Masih pada panel depan, disana terdapat 14 chanel output analog XLR (output 13 dan 14 bisaanya untuk main output), dan akan segera hadir AES-format digital output yang memungkinkan untuk menambahkan efek digital prosesor eksternal. Output ini biasanya digunakan untuk membawa sinyal yang sudah di mix, bus out, effects send, mix matrices atau apapun yang anda anggap perlu dan setingan standar 10 aux pertama mengirim ke 10 aux XLR output. Proses routing sangat mudah melalui routing page di Master Fader app – hanya dengan menyentuh soft buttons dengan ujung jari Anda untuk memutuskan atau membuat routing baru. Sumber ada pada poros horizontal, tujuan ada pada poros vertical dan Anda dapat memberi umpan satu sumber ke beberapa tujuan.

Kali ini tidak ada iPad dock dalam unit DL32R, dan Anda tidak dapat melakukan wired connection ke iPad seperti yang biasa Anda lakukan pada DL1608, meskipun begitu disana ada USB port yang bisa Anda gunakan. Saya pikir mungkin Mackie salah langkah setelah perilisan DL1608 Apple mengehentikan konektor iPad 30 pin dan menggantinya dengan konektor Lightning. Saya cek ke Mackie dan mereka menjawab: “Kami tidak membuat perangkat yang bisa dikontrol secara wireless hanya hanya karena Apple. Kami membuatnya menjadi full wireless karena kami percaya dengan control secara nirkabel adalah sebuah konsep mixing di masa depan. Kami fokus pada pada pembuatan alur wireless yang baik dan tidak ada kaitannya dengan iPad dock. Mayoritas dari pengguna DL1608 kami nge-mix secara wireless pada setiap show dan mereka bilang bahwa mereka sangat suka dengan DL1608. Dengan DL32R kami menghilangkan sisa kekurangan (control preamp mic, playback dan recording) dan kami hadirkan sebuah produk yang benar-benar dikontrol secara wireless.”

Setelah saya memahami sepenuhnya sentiment tersebut (control secara wireless seperti yang biasa saya lakukan dengan DL1608), saya masih merasa system secara wired / kabel  masih sangat berguna sebagai backup apabila router mengalami gangguan ditengah-tengah show. Pada saat pertunjukan secara live, Anda tidak punya banyak rencana cadangan!




Pada panel belakang ada Ethernet port, sebuah IEC main inlet dan sepasang colokan USB 2 konektor (satu type A dan satunya type B), kedua LED menyala saat power dinyalakan dan masuk kedalam jaringan ethrenet. Apabila tidak ditemukan jaringan,  LED akan berkedip dan apabila masuk kedalam sebuah jaringan LED akan tetap menyala. Saat semua system terkonfigurasi, semua komponen tersambung dan berfungsi. Sama seperti DL1608, Anda bisa men-sinkronisasikan mixer dengan iPad atau sebaliknya.

Edisi selanjutnya akan saya ulas tentang detail kualitas dan kelebihan-kelebihan Mackie DL32R.

No comments:

Post a Comment